Kategori
Perusahaan Iklan

Daftar Jenis Pekerjaan Dalam Perusahaan Iklan

Perusahaan iklan merupakan sebuah usaha pekerjaan yang membantu meningkatkan produsen dalam menangani perumusan rencana periklanan atau program promosi. Perusahaan iklan biasanya membuat perencanaan, desain , materi serta pemasangan iklan berdasarkan perintah, informasi, dan persetujuan dari pihak pengiklan atau yang sering disebut sebagai produsen. Dalam perusahaan iklan, terdapat beragam jenis profesi pekerjaan yang mendasar. Daftar pekerjaan di bawah ini dapat kalian temukan pada sebuah perusahaan iklan, antara lain:

Profesi Pekerjaan Pada Perusahaan Iklan

1. Account Management

Profesi yang pertama ini merupakan sebuah bidang pekerjaan yang menangani berbagai urusan pemasaran jasa periklanan. Account Management memiliki peran utama dalam mencari klien baru baik itu perusahaan maupun pengiklan yang ingin menggunakan jasa periklanan. Dimana untuk mencari klien baru menggunakan pengajuan penawaran atau proposal hingga ikut dalam tender / pitching pekerjaan periklanan tersebut.  

2. Divisi Media

Pekerjaan selanjutnya merupakan sebuah bidang yang bertanggung jawab penuh dalam penentuan media periklanan yang akan dipilih maupun yang digunakan untuk menyampaikan berbagai pesan iklan, menjadwalkan pemunculan, pemuatan iklan pada berbagai media yang telah ditentukan, serta menghitung biaya yang diperlukan untuk menggunakan berbagai media tersebut. Tidak hanya itu tim Media juga bertanggung jawab penuh atas pengurusan pemasangan iklan pada berbagai media periklanan yang telah ditentukan. Untuk bagian yang menangani pekerjaan bidang media dinamakan Media Planner Perencana Media dan Media Buyer yang dalam bahasa Indonesianya disebut sebagai “Pembeli Media”.

3. Kreatif

Sebuah bidang yang berperan khusus dalam menangani pembuatan atau perancangan desain kreatif dalam bentuk visual serta teks naskah iklan. Tim Kreatif juga bertanggung jawab atas pemberian panduan, pengarahan pada saat gagasan kratif yang diciptakan, serta mewujudkan atau merealisasikan hal tersebut menjadi materi iklan. Bidang yang satu ini juga sering disebut sebagai “Bina Cipta” yang pekerjaanya disebut copy writer atau penulis naskah iklan dan pembuat gambar visual iklan “Visualizer”. Dimana bidang ini harus memiliki berbagai kreasi yang unik dan menarik untuk dapat diaspirasikan pada sebuah iklan produksi.

4. Riset Pemasaran

Berikutnya adalah sebuah profesi yang bertanggung jawab dalam mencari informasi mengenai kondisi pasar, persaingan, selera konsumen, tanggapan pada iklan yang ditayangkan, dan lain sebagainya. Dimana hasil penemuan penelitian akan digunakan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan program promosi atau pekerjaan. Hasil Riset Pemasaran juga diperoleh melalui penelitian terhadap tanggapan masyarakat ataupun konsumen. Divisi ini sangat difokuskan dalam pekerjaannya untuk meneliti secara keluruhan pada eksternal-nya.

5. Konsultasi Pemasaran

Selain itu, ada juga profesi yang akan memberikan jasa konsultasi atau “penasehat” dalam bidang pemasaran. Dimana pada pekerjaan Konsultasi Pemasaran ini, kalian bisa bertanya mengenai merancang sebuah produk, menentukan harga, mendesain kemasan, memilih wilayah pendistribusian produk, hingga cara menghadapi berbagai persaingan yang terjadi.

6. Produksi

Daftar profesi yang terakhir adalah sebuah bisang usaha yang berperan dalam merealisasikan gagasan kreatif dalam bentuk materi iklan. Bidang profesi yang satu ini menangani pembuatan gambar, foto, melakukan shooting, pembuatan film iklan televisi atau bioskop, membuat iklan billboard, dan lainnya.  Pada tim Produksi mengerjakan berbagai materi iklan berdasarkan gagasan/rancangan yang dibuat.

Demikianlah 6 daftar profesi yang dapat kalian lakukan pada sebuah perusahaan iklan. Dimana profesi diatas ini merupakan sebuah peran pekerjaan yang penting dan melengkapi penciptaan produksi iklan yang akan dibuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *