Kategori
Perusahaan Iklan

Jenis Iklan Koran Yang Paling Penting Di Perusahaan

Iklan merupakan suatu bentuk dari pesan promosi produk / jasa / tempat usaha yang disampaikan melalui media dengan target masyarakat luas.

Salah satu media tempat meletakkan iklan adalah koran, sehingga banyak orang yang menyebut cara ini sebagai iklan koran.

Setiap perusahaan yang ingin mempromosikan tentang perusahaannya melalui iklan agar dikenal oleh public.

Kebutuhan akan iklan ini membuat mereka harus memilih biro iklan / perusahaan yang bergerak di bidang periklanan dengan tepat.

Apa Saja Jenis Iklan Koran Perusahaan?

Walaupun koran termasuk media tradisional, namun ada banyak sekali perusahaan yang masih menggunakannya untuk iklan.

Mulai dari perusahaan terbuka (go public) hingga tertutup. Ada banyak jenis iklan koran sebagai permintaan para pebisnis maupun perusahaan. Di antaranya adalah iklan display, iklan advertorial, iklan kolom, iklan banner, iklan centerspread, iklan kreatof, iklan baris.

Di antara sekian banyak jenis iklan koran tersebut, ada 3 jenis iklan koran yang paling penting untuk perusahaan terbuka, seperti:

1.Iklan Display

Iklan display merupakan iklan yang disampaikan dengan lebih memperhatikan komposisi gambar di banding tulisan.

Biasanya jumlah presentase gambar sekitar 70% sedangkan tulisan sekitar 30%. Keunggulan jenis iklan koran ini adalah mereka bisa menampilkan gambar yang dirancang dalam bentuk kratif agar mudah diingat orang lain.

Dengan begitu, saat mereka ingin membeli produk barang dan jasa, alam bawah sadar mereka langsung mengingat iklan yang pernah ia lihat dan akhirnya memilih produk tersebut.

Contoh iklan display yang sering digunakan oleh perusahaan adalah iklan penawaran. Iklan penawaran atau iklan niaga merupakan jenis iklan yang didasarkan pada isinya.

Biasanya tujuannya untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa kepada yang membutuhkan.

2.Iklan Advertorial

Jenis iklan satu ini merupakan jenis yang isinya lebih banyak menonjolkan tulisan / artikel. Tujuannya agar pembaca lebih detail dalam melihat produk / jasa yang dimiliki perusahaan atau juga mengenai profil perusahaan.

Iklan ini dikenal mampu menaikkan citra dan nilai suatu perusahaan karena di dalamnya bisa mencantumkan alamat dan nomor teepon.

Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah dalam menghubungi perusahaan tersebut jika ingin memesan barang / jasa.

Contoh lainnya adalah prospectus ringkas yang merupakan dokumen keterbukaan dari calon emoten yang melakukan penawaran umum kepada investor. Prospectus ringan merupakan versi singkat dari prospectus lengkap yang cocok dimuat di surat kabar.

3.Iklan Centerspread

Iklan ini adalah iklan yang ditampilkan pada 2 halaman penuh (sisi kanan dan kiri) dari halaman koran. Iklan koran ini memiliki tampilan yang sangat besar, etntunya ukuran tersebut mempengaruhi harga iklan yang jauh lebih mahal.

Jenis iklan ini lebih sering digunakan oleh perusahaan besar yang mengiklankan tentang bisnisnya. Dengan tujuan untuk mningkatkan produksi penjualan serta meingkatkan citra dan nilai perusahaan sehingga makin banyak dikenal oleh konsumen, investor, supplier, emiten, dan sebagainya.

Itulah 3 jenis iklan koran yang paling penting untuk perusahaan terbuka. Walaupun mahal, namun iklan ini menjadi banyak incaran perusahaan besar karena sifatnya terbuka, jelas, menarik, dan mudah diingat pembaca.

Hal ini akan menjadi daya Tarik bagi konsumen dan akhirnya jumlah konsumen perusahaan meningkat. Selain itu, nilai dan citra perusahaan semakin pesat perkembangannya sehingga perusahaan bisa bersaing dengan perusahaan lain secara global.