Ketahui Apa Itu Iklan Layanan Masyarakat Sebelum Menggunakannya

Iklan merupakan salah satu hal yang penting bagi negara yang menganut system ekonomi berorientasi pasar. Karena, iklan digunakan sebagai sarana menyampaikan informasi terutama produk atau jasa yang ditawwarkan.

Namun, belum banyak orang yang tahu betul mengenai apa itu iklan layanan masyarakat. Karena itu, yuk cari tahu terlebih dahulu.

Pengertian dan Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

Pada umumnya, iklan akan dikenakan biaya pada saat pengiklanan. Namun, berbeda dengan iklan jenis ini. Pengiklanan biasanya merupakan sebuah lembaga non komersil yang bertujuan untuk memberi informasi demi kepentingan masyarakat.

Lembaga penyiaran wajib menyediakan slot iklan secara Cuma Cuma minimal 50% dari seluruh siaran untuk iklan layanan masyarakat.

Sementara itu untuk lembaga penyiaran pemerintah harus menyediakan minimal 20 menit dalam satu hari.

Jika kalian tergolong instansi yang menyiarkan sepanjang waktu, aturan tersebut menjadi sangat sesuai, karena iklan ini memberi informasi penting masalah social yang ada di masyarakat.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat Menurut Para Ahli

Kasali 1992:121, Public Service Announcement (iklan layanan masyarakat) merupakan permintaan penyiaran yang dikeluarkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerintah secara langsung sebagai solidaritas terhadap masalah masyarakat.

Liliweri 1992:32, menurutnya pengertian iklan layanan masyarakat merupakan ikan yang bersifat non-profit, maka iklan seperti ini tidak mencari keuntungan setelah pemasangan informasi kepada masyarakat secara global.

Susamto 1976:203, baginya iklan layanan masyarakat merupakan media informasi mengenai setiap layanan masyarakat, penyebaran informasi tidak melalui pembelian ruang dan waktu, setiap iklan yang disiarkan mengenai pelayanan masyarakat dilaksanakan berdasar kegiatan non-profit.

Amerika Serikat merupakan negara pertama yang menyiarkan iklan layanan masyarakat, ketika Perang Dunia ke II, sebagai sarana motivasi kepada masyarakat untuk memenangkan perang.

Selain itu juga untuk menghimbau kepada masyarakat Amerika untuk memberi Warbons (surat berharga) untuk membiayai perang.

Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

  • Informing

Informing adalah memberi informasi kepada masyarakat mengenai program atau layanan, serta ativitas pemerintah yang berkaitan dengan sosial.

  • Persuading

Persuading adalah iklan yang baik bisa menimbulkan persuading atau membujuk masyarakat untuk ikut serta dengan program pemerintah seperti BPJS, KTP, KB dan program pemerintah lainnya.

  • Reminding

Reminding adalah iklan akan terus membuat masyarakat ingat dengan program yang dijalankan oleh pemerintah.

  • Adding Value

Adding Value adalah periklanan bisa memberi nilai tambah kepada program tertentu melalui persepsi dari masyarakat.

Iklan Layanan Masyarakat di Indonesia

Di Indonesia, tidak dibentuk lembaga khusus yang menangani iklan layanan masyarakat. Biasanya, hanya dibuat melalui perjanjian lembaga dengan pengiklanan.

Hal ini yang membuat kurangnya sinergi dan komitmen dalam merumuskan biaya, iklan, dan pesan yang disampaikan.

Jadi, Iklan layanan masyarakat tidak dilakukan secara rutin. Selain itu, iklan tersebut terkena pajak iklan meski ruang dan waktu nya disediakan oleh media.

Beberapa iklan layanan masyarakat yang pernah ramai di Indonesia seperti Biro Iklan Intervesta kini menjadi organisasi pertama yang memeopori pengadaan iklan layanan masyarakat, mengenai masalah pemasangan petasan yang sedang ramai saat itu.

Lalu, Matarai Ad mengangkat masalah tentang orang tua dan anak di tahun 1974. Iklan ditampilkan berupa himbauan dalam bentuk media cetak seperti di banner billboard, spanduk, poster, dan lain-lain.

Iklan dibuat dengan desain tampilan yang menarik sehingga pembaca langsung memahami maksud dan tujuan yang terkandung dalam media cetak tersebut.

Nah, setelah mengetahui informasi ini, sudah siap pasang iklan untuk produk mu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *