Kategori
Perusahaan Iklan

Struktur Organisasi Perusahaan Iklan di Indonesia

Advertising company di Indonesia merupakan perusahaan yang memberikan layanan untuk menciptakan ide-ide dalam hal promosi produk atau jasa baru yang membuat perencanaan, dan menangani pembuatan iklan untuk klien.

Agensi juga bisa melayani keseluruhan pemasaran produk atau jasa dengan membuat strategi yang menarik untuk mencapai target sasaran.

Dalam advertising company Indonesia dibagi menjadi beberapa departemen untuk menghasilkan kampanye produk atau jasa yang berhasil.

Struktur Organisasi Perusahaan Iklan di Indonesia, Sudah Tahu?

Struktur Organisasi Perusahaan Iklan di Indonesia, Sudah Tahu?

Untuk mencapai suatu tujuan yang sama dengan klien , advertising company di Indonesia harus memenuhi berbagai syarat ,salah satunya struktur yang baik . Inilah struktur dalam advertising company yang harus di perhatikan :

1.Account Executive

Account Executive

Departemen ini menjadi link untuk mendapatkan klien. Account executive akan melakukan pertemuan dengan klien dan untuk mendapatkan bried mengenai produk yang akan dilakukan kampanye.

Bukan hanya melakukan hubungan dengan klien. Account executive juga memiliki relasi dengan berbagai mitra untuk menciptakan hubungan yang baik, seperti melakukan relasi dengan pihak media.

2.Account Planning

Account Planning

Departemen ini akan menggabungkan penelitian yang dilakukan dan pemikiran strategis, sehingga akan mendapatakan kesimpulan yang tepat.

Account planning akan melakukan penelitian lebih mengenai produk yang akan dilakukan kampanye dan juga klien agar didapatkannya ide iklan yang tepat untuk produk / jasa tersebut.

3.Kreatif

Kreatif

Departemen ini merupakan mesin dari advertising company di Indonesia itu sendiri. Ini adalah bagian yang sangat penting dari sebuah agensi iklan.

Departemen kreatif ini bertanggung jawan untuk menciptakan ide yang kreatif dan tepat untuk kampanye produk / jasa tersebut. didalam departemen ini terbia lagi menjadi beberapa bagian, diantara lain:

  • Copywriter

Berfungsi untuk menciptakan beberapa ide kreatif berupa tulisan yang mendeskripsikan produk atau jasa tersebut. Kata-kata yang digunakan biasanya harus menarik perhatian sasaran sehingga iklan yang dihasilkan juga akan memberikan keberhasilan pemasaran produk tersebut

  • Art director

Art director ini bertanggung jawab untuk membuat sebuah gambar yang kreatif untuk iklan yang akan dibuat dan harus menarik dan sesuai dengan produk atau jasa yang akan dipasarkan.

  • Desainer

Sama seperti art director. Desainer membuat gambar atau desain desain yang akan menarik perhatian target sasaran

  • Web desainer

Berfungsi untuk mendesain situs perusahaan agar terlihat menarik. Situs web tersebut akan didesain sedemikian rupa sehingga sesuai dengan produk atau jasa pengiklan tersebut.

  • Direktur Kreatif

Direktur kreatif merupakan orang yang bertanggung jawab penuh selayaknya direktur akan pekerjaan timnya dalam departemen kreatif. Direktur akan memberikan masukan, saran bahkan penolakan apabila yang dibuat timnya kurang menarik.

4.Media Buying

Media Buying

Fungsi dari departemen ini adalah melakukan pembelian media untuk mendapatkan ruang untuk menampilkan iklan produk atau jasa yang telah dibuat. Hal-hal tersebut dilakukan dengan melibatkan kerjasama erat dengan departemen kreatif dengan ide-ide nya dan juga klien sebagai pemilik produk tersebut.

5.Produksi

Produksi

Departemen produksi akan berkolaborasi atau bekerja sama dengan departemen kreatif untuk melakukan pembuatan iklan seperti, photography untuk iklan di media cetak ataupun membuat TVC untuk media televisi

Struktur dalam sebuah advertising company Indonesiamemang cukup banyak dikarenakan proses pembuatan iklan yang juga memang memiliki berbagai proses panjang dan juga membutuhkan divisi yang memang ahli di bidang mereka masing – masing. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *